ENGINE APU


ENGINE APU



   Auxiliary Power Unit (APU) adalah mesin turbin gas kecepatan konstan. Hal ini terletak di kerucut ekor unpressurized. APU adalah serba lengkap unit, yang memungkinkan pesawat untuk tidak bergantung pada pneumatik external dan sumber daya listrik. Mesin turbin gas konstan kecepatan drive gearbox aksesori dan beban kompresor. APU menyediakan:
- daya listrik untuk sistem pesawat,
- Bleed udara untuk start dan pendingin udara di tanah,
- Bleed udara untuk AC / bertekanan dan sayap anti-es di penerbangan.


     Daya listrik tersedia setiap kali APU beroperasi, tapi pada saat ketinggian 23.000 ft  dimatikan di atas udara. APU memiliki tutup untuk asupan udara. Asupan penutup terbuka ketika APU tombol utama dipilih ON dan menutup ketika saklar master dipilih OFF. Ketika terbuka, ia menyediakan pesawat ke inlet APU untuk pembakaran dan supply pneumatik.

















Pengertian Engine APU 

   Auxilary Power Unit (APU) adalah bagian dari mesin pesawat terbang yang letaknya di bagian ekor (empenage) pesawat terbang, adapun fungsi dari APU adalah sebagai berikut :


1. Sebagai pembangkit listrik yang menghasilkan daya listrik kurang lebih 90      kVA batas ketinggiannya mencapai 31.000 ft

  2. Dengan menghasilkan listrik tersebut, sehingga berfungsi sebagai sumber
   arus listrik bagi AC dan peralatan elektronik lainnya pad asaat pesawat 
   menaikan dan menurunkan penumpang atau pada saat pesawt sebelum  terbang sebagai start engine, setelah mesin pesawat menyala dan pesawat itu  terbang sehingga fungsi APU digantikan mesin pesawat kemudian mesin APU  dimatikan . 

Kinerja Mesin APU pada pesawat Boeing 737- 300/400/500 
  
   Engine APU dengan tipe Honney well adalah engine yang memanfaatkan udara luar untuk dijadikan pembakaran yang diubah tekanannya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar (Combustion) dengan bantuan baling-baling turbin  untuk menghisap udara dari luar ke dalam.

     Engine APU ini memiliki tiga bagian baling-baling turbin yang digerakan oleh gear box. Gear box ini digerakan oleh electric stater sehingga dapat memutar baling - baling, dari perputaran baling-baling udara luar dapat dihisap melalui inlet air plenum, sehingga udara masuk ke dalam dari situ udara diteruskan oleh putaran baling-baling pertama menuju baling-baling yang kedua untuk dikompresikan tekanannya menjadi tekanan tinggi yang berbentuk satu muka   
v  Bagian-bagian utama Engine APU Honney well
Bagian bagian dari engine ini adalah:

     Diffuser

Berfungsi sebagai penampung udara yang masuk ke engine, dimana oleh kompresor ditekan untuk melakukan proses pembakaran. Fungsi utama dari diffuser ini adalah agar aliran udara dapat rata dan halus sehingga dapat mencegah terjadinya stall dan mengurangi rar 


   Compressor

   Berfungsi merubah energi kinetik (kecepatan udara) menjadi energi mekanik (tekanan udara) yang masuk ke ruang bakar. Dengan naiknya tekanan udara maka volume udara akan mengecil sehingga proses pembakaran antara fuel dan udara terjadi pada volume yang kecil. Untuk sistem propulsi kompresor yang digunakan ialah jenis aksial dengan pertimbangan area yang digunakan sedikit sehingga hambatannya rendah. Kompresor aksial memiliki rotor (berputar) dan stator vanes (diam). Tiap bagian rotor dan stator ini dinamakan stage. 




    Combustion (Ruang Bakar)

   Berfungsi membakar campuran udara dan bahan bakar dan mengalirkan gas hasil pembakaran tersebut ke turbin dengan suhu yang merata. Temperatur gas pembakaran dibatasi oleh kekuatan struktur material yang ada di turbin dan ruang bakar. Tidak semua udara yang masuk ke ruang pembakaran (Combustion) untuk pembakaran, 20%-30% udara digunakan ntuk pembakaran dan 70%-80% untuk pendinginan. Ruang bakar di klasifikasikan menjadi 3 yaitu, cannular, annular, dan can-annular. Dn tipe combustion yang dipakai pada APU engine  honeywell adalah jenis annular.  Bagian pada ruang bakar (Combustion) adalah :
- the inner combustion chamber shell,
- the outer combustion chamber shell.
- an igniter plug,
- 10 dual orifice fuel nozzle

     Turbin

  Perakitan turbin yang menggerakkan kompresor mesin, beban kompresor dan roda gigi dari Aksesori Gearbox (AGB).  Dua tahap aksial
turbin aliran meliputi:
- a cooled first stage nozzle,
- inserted first stage rotor blades,
- an un cooled second stage stator,
- a dual alloy second stage rotor,
- an annular exhaust diffuser.

=> Gear box
   
   Gear box adalah sebagai tempat mentransmisikan daya yang dihasilkan dati turbin dan motor, dan daya tersebut di salurkan kembali ke komponen lainnya. Dimana daya yang disalurkan  untuk menggerakan :
    1.  Generator
    2.  Oil Pump 
    3.  Kipas (Cooling Fan)

  Dan di gear box terdapat starter yang berfungsi untuk emnjalankan engine tersebut. Adapun Struktur dari Gear Box adalah sebagai berikut : 





















➨ DOWNLOAD =>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ENGINE APU

ENGINE APU    Auxiliary Power Unit (APU) adalah mesin turbin gas kecepatan konstan. Hal ini terletak di kerucut ekor unpressurized....